Anak · Kesehatan

Sarapan Bukan Hal Sepele Bagi Anak

Sarapan bukan hal sepele – Sarapan merupakan hal yang sering dianggap sepele oleh beberapa orang teutama bagi anak-anak.  Sarapan bagi anak ternyata mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah menurut Ronald E. Kleinman, M.D., dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutrisi yang mengajar di Harvard University, Amerika. “Secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan setiap pagi,” ujar dr. Kleinman.

Sarapan bukan hal sepele, namun terkadang memang cukup sulit untuk anak-anak dipagi hari untuk menyantap sarapan pagi sebelum pergi ke sekolah. Hal ini disebabkan karena mood anak yang belum bergairah dan suasana pagi yang kurang kondusif sering membuat anak kerap kali melewatkan sarapan pagi yang akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Lantas

Menguatkan Tubuh

sarapan bukan hal sepele bagi anak 2Anak-anak yang seringkali melewatkan menyantap sarapan pagi, cenderung lebih rentan mengalami fisik yang lemah. Tidak menyantap sarapan pagi, dapat membuat tubuh anak terasa lemas dan daya konsentrasi dalam menyimak pelajaran yang ia dapat menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena perut yang kosong tidak memiliki energi. Efek lainnya yang mungkin timbul adalah berat badan anak yang tidak ideal dan fisik tubuh yang terlihat kurus.

Meningkatkan Daya Konsentrasi Anak

Karena energi yang dibutuhkan tubuh anak sudah tercukupi melalui sarapan pagi, maka akan membuat sarapan bukan hal sepele bagi anakdaya konsentrasi anak menjadi lebih kuat, yang mana hal ini akan berbeda dengan anak yang sering melewatkan sarapan pagi, jika tidak terkendali, bisa-bisa mereka tertidur di dalam kelas. Daya konsentrasi yang baik akan membuat hasil belajar anak menjadi lebih maksimal.

Membudayakan Hidup yang Sehat

Membiasakan menyantap sarapan pagi sebelum memulai aktivitas, termasuk pergi kesekolah akan sekaligus mengjarkan si kecil untuk menjalankan budaya hidup sehat. Kebiasaan seperti ini diharapkan akan terus berlanjut hingga si kecil berusia dewasa dan akhirnya berkeluarga. Selain itu, membiasakan sarapan pagi, akan meminimalisir kemungkinan si kecil untuk jajan sembarangan, dikarenakan perutnya sudah terisi.

Menjaga Kesehatan

Sarapan pagi yang kaya akan gizi dan nutrisi dapat menjaga sistem kekebalan tubuh si kecil agar tetap kuat terjaga. Dengan demikian, ia akan terhindar dari serangan penyakit akibat virus maupun racun. Lemahnya sistem imunitas, bisa saja dipengaruhi karena kurangnya asupan gizi dipagi hari.

Demikian beberapa manfaat yang bisa didaptkan si kecil jika ia membiasakan untuk menyantap sarapan pagi sebelum pergi ke sekolah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s