Anak · Artikel · Pendidikan

Belajar Bahasa Inggris Melalui Games

permainan bahasa inggris 1

Permainan bahasa inggris atau ‘English Games’ merupakan salah satu metode yang digunakan untuk dalam mengajar bahasa Inggris terutama kepada anak-anak. Ada banyak alasan mengapa menggunakan permainan dalam belajar bahasa Inggris di kelas, salah satu diantaranya adalah untuk menghadirkan kesenangan dalam belajar. Dan biasanya, proses pembelajaran yang disertai dengan permainan membantu mempermudah anak untuk menangkap dan memahami materi yang disampaikan. Kali ini akan dibahas beberapa permainan bahasa inggris yang sering digunakan dalam proses pembelajaran bahasa inggris.

The Truth Game

Permainan ini sangat fleksibel bagi segala usia dan level pelajar bahasa Inggris. Mulailah dengan menggambar empat kotak di papan putih. Dalam tiga kotak tuliss kata ‘True’ dan tulispada kotak keempat ‘False’ (gunakan vocab ini untuk pemula). Membagikan selembar kertas kepada setiap siswa dan meminta mereka untuk lipat menjadi empat dan menulis judul yang sama di masing-masing empat kotak mereka. Jelaskan kepada siswa bahwa mereka harus menulis tiga benar ‘fakta’ tentang diri mereka sendiri dan satu ‘fakta’ yang palsu. Mereka tidak harus menunjukkan orang lain dan ketika mereka selesai mereka akan membacakan fakta-fakta mereka dan semua orang akan memilih untuk menebak mana yang fakta palsu. Ini adalah permainan yang sangat sederhana namun dapat menjadi cara yang bagus untuk mengenal sesuatu tentang siswa anda dan dapat menjadi sangat menyenangkan tergantung pada seberapa kreatif fakta yang dibuat para siswa.

The Artist Game

Game ini mirip dengan permainan sebelumnya dan dapat dimainkan secara berurutan jika siswa menggunakan bagian belakang kertas terlipat. Gunakan papan untuk membuat empat kotak lagi dan di setiap kotak menulis judul yang terpisah: ‘Person’, ‘Hobby’, ‘Place’ dan ‘Item’. Jelaskan kepada siswa bahwa mereka harus menggambar (tekankan untuk tidak terlalu dirinci) di setiap kotak. Kotak ‘Person’ akan menjadi orang atau sahabat yang special untuk mereka. Kotak ‘Hobby’ akan menjadi hobi favorit mereka. ‘Place’ akan menjadi tempat khusus (misalnya tujuan wisata) dan ‘Item’ akan menjadi obyek mereka sendiri yang special untuk mereka. Beri mereka batas waktu yang singkat untuk mengerjakan tugas mereka dan kemudian mengumpulkan semua gambar di akhir. Perintahkan siswa untuk menebak siapa pemilik gambar dengan menyuruh mereka perform kedepan kelas.

Alpha-ball game

Game ini lebih ke pergerakan fisik dan akan memerlukan bola tenis atau sesuatu yang serupa. Mulailah permainan dengan mengatur tempat dudukkelas menjadi bentuk lingkaran, menyatakan sebuah kata-kata bahasa Inggris yang dimulai dengan ‘A’ dan mengoper bola kepada siswa berikutnya yang harus menyatakan sebuah kata yang dimulai dengan ‘B’. Siswa ini akan mengoper bola ke siswa lain yang akan menyatakan sebuah kata yang dimulai dengan ‘C’ dan seterusnya dan seterusnya. Setelah siswa telah memahami ini, Anda dapat mencampur hal-hal di sekitar misalnya; memilih untuk mengoper bola kepada siswa secara acak untuk menciptakan lebih banyak spontanitas, menggunakan kategori seperti ‘Animals’, ‘Food’ dll. Ada begitu banyak kemungkinan dengan permainan sederhana ini, tetapi pastikan untuk tetap serba cepat dan menarik.

Tongue twister Game

Tongue Twister mungkin tampak sedikit membosankan tapi Anda akan terkejut berapa banyak mereka bisa menghidupakan suasana kelas Anda jika digunakan dengan cara yang benar. Mulailah dengan menulis tongue twister sederhana di papan (yaitu She sells sea shells on the sea shore). Beritahu siswa untuk semua berdiri dan membuat mereka mencoba Tongue twister dan hanya jika mereka telah menguasai dapat mereka kembali ke tempat duduk mereka. Menanamkan rasa urgensi dengan mengatakan kepada mereka untuk mengulanginya lebih cepat dan lebih cepat dan dalam nada yang berbeda dari suara. Ini akan membuat kelas Anda semua kesal tapi dengan cara yang positif untuk membawa beberapa kehidupan ke dalam kelas.

Source permainan bahasa inggris >>> klik here.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s