Anak · Artikel · Pendidikan

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak-anak

Orang tua tentu akan senang dan bangga terhadap buah hatinya yang sudah bisa berbahasa Inggris. Agar anak dapat berbahasa Inggris, tentu orang tua harus memikirkan cara yang harus ditempuh. Misalnya mengirim anaknya ke tempat les bahasa Inggris, menggunakan guru privat, dan sebagainya. Namun, orang tua juga dapat mengajarkan bahasa Inggris secara langsung kepada anak dengan lebih santai dan rutin. Orang tua dapat menggunakan tips cara cepat belajar bahasa Inggris untuk anak-anak.

cara cepat belajar bahasa inggris untuk anak-anak
ilustrasi belajar bahasa Inggris untuk anak-anak

Berikut adalah beberapa cara cepat belajar bahasa Inggris untuk anak-anak yang dapat diterapkan oleh orangtua dirumah:

Memainkan Permainan

Anak-anak belajar secara alami ketika mereka sedang bersenang-senang. Flashcards adalah cara yang bagus untuk mengajar dan merevisi kosakata dan ada banyak permainan yang berbeda yang dapat Anda bermain dengan flashcards, seperti Memory, Jenis-jenis angka, Snap atau Part of body.

Ada banyak jenis game yang Anda dapat bermain dengan anak-anak Anda untuk membantu mereka berlatih bahasa Inggris.

Menggunakan situasi sehari-hari

Keuntungan dari mengajar bahasa Inggris di rumah adalah bahwa Anda dapat menggunakan situasi sehari-hari dan benda nyata dari dalam rumah untuk berlatih Bahasa secaa  alami sesuai konteks. Sebagai contoh: Bicara tentang pakaian ketika anak Anda berpakaian, atau ketika Anda menyortir laundry sebagai contoh ‘Let’s put on your white socks’’, ‘This is Mom T-shirt’). Berlatih kosakata untuk mainan dan furnitur ketika Anda membantu anak Anda untuk membereskan kamar tidur mereka (Let’s put this pillow on your bed, Where is the black car?).

Menggunakan Cerita Bahasa Inggris

Anak-anak akan menyukai buku dengan warna-warna cerah dan ilustrasi yang menarik. Lihatlah foto bersama dan mengucapkan kata-kata seperti yang Anda menunjuk ke gambar. Kemudian Anda dapat meminta anak Anda untuk menunjuk ke hal-hal yang berbeda, misalnya “Where is Dad?” Setelah beberapa saat mendorong mereka untuk mengucapkan kata-kata dengan bertanya ‘What is that?’ Mendengarkan cerita akan mendapatkan anak Anda terbiasa dengan suara dan irama bahasa Inggris.

Menggunakan English Song

Lagu adalah cara yang sangat efektif untuk mempelajari kata-kata baru dan meningkatkan pengucapan. Lagu dengan tindakan yang sangat baik untuk anak-anak yang sangat muda karena mereka dapat bergabung dalam bahkan jika mereka belum mampu menyanyikan lagu. Tindakan sering menunjukkan arti kata-kata dalam lagu.

Mengajarkan Grammar

Tidak perlu secara eksplisit mengajarkan aturan tata bahasa inggris kepada anak-anak, melainkan membuat mereka mendengar dan menggunakan struktur tata bahasa yang berbeda berdasarkan konteks.

Membuat Sebuah Rutinitas

Buatlah sebuah rutinitas dalam menggunakan bahasa Inggris Anda didpan anak-anak. Lebih baik untuk memiliki waktu yang singkat, tetapi lebih sering dilakukan daripada belajar dengan waktu yang lama tapi jarang terjadi. 15-30 menit sudah cukup untuk anak-anak belajar Bahasa inggris. Cobalah untuk melakukan kegiatan tertentu pada waktu yang sama setiap hari. Anak-anak merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika mereka tahu apa yang diharapkan. Misalnya, Anda bisa memainkan permainan Inggris setiap hari sepulang sekolah, atau membaca cerita bahasa Inggris buat anak-anak Anda sebelum tidur.

Semoga beberapa cara cepat belajar bahasa Inggris untuk anak-anak diatas dapat diterapkan oleh orang tua dan dapat mendidik anak Anda dalam berbahasa inggris.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s