Anak · Kesehatan

Tips Menambah Nafsu Makan Anak

Tips menambah nafsu makan anak – siapa dari ibu-ibu yang memiliki anak dengan nafsu makan yang rendah atau bahkan sulit makan? Pasti itu akan menjadi masalah besar bagi ibu-ibu, benarkan?. Masalah utama yang akan terlihat dari rendahnya selara makan anak adalah berat badan anak anda akan turun dengan perlahan yang juga nantinya akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang terhambat, sehingga bisa menyebabkan turunnya daya tangkap dan anak akan terlihat lemas karena kekurangan nutrisi.

Artikel ini akan membantu memberikan solusi berupa tips menambah nafsu makan anak.

Cara yang dapat dilakukan oleh para ibu yang pertama adalah terapi bermain dan jadikan saat makan Menyenangkan Biasanya cara ini dilakukan pada anak yang masih kecil hingga usia batita. Saat bermain, orangtua bisa mengamati dan menganalisis bagaimana pola bermain anak dari kisah-kisah yang diperlihatkan. Lewat terapi bermain, konflik permasalahan anak dapat ditelusuri, kemudian diatasi sesuai penyebabnya. Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.

tips menambah nafsu makan anak 1

Cara kedua adalah mengajarkan perilaku makan yang baik dan makan teratur Sediakan menu makanan yang bervariasi agar anak mengenal banyak rasa dan jenis makanan. Jadilah model yang baik dengan membiasakan makan bersama di meja makan. Makan bersama merupakan ajang interaksi penting antara orangtua dan anak. Orangtua juga bisa menjadi teman menyenangkan di meja makan. Dengan begitu, hubungan orangtua dan anak semakin erat. Makan teratur atau sesuai dengan jadwal anak biasa makan adalah salah satu dari 6 Solusi Mengatasi Anak Susah Makan yang efektif. Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

tips menambah nafsu makan anak 2Cara ketiga beri cemilan sehat dan menarik.  Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabor keju, dan sebagainya.

Cara keempat dengan menggunakan suplemen vitamin penambah nafsu makan anak, setidaknnya penggunaan suplemen tambahan ini adalah bersifat tidak harus dilakukan karena dengan cara alami di atas diharapkan telah dapat meningkatkan selera makan anak anda.

tips menambah nafsu makan anak 3

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s