Anak · Artikel

Mendidik Anak melalui Film Kartun Finding Nemo

Terdapat banyak cara yang dapat digunakan oleh orangtua dalam mendidik anak. Media yang digunakan pun dapat beragam. Mulai dari dikelas, dilingkungan alam, melalui nyanyian, melalui film anak-anak, dan masih banyak lagi. Sebagai orang tua yang baik tentu harus dapat memilih tontonan yang baik bagi anak agar dapat memberikan edukasi. Banyak film anak yang bisa dijadikan referensi bagi orang tua dalam mendidik anak. Salah saltunya adalah film Finding Nemo. Sehingga orang tua dapat mendidik anak melalui film kartun Finding Nemo.

mendidik anak melalui film kartun finding nemo
film kartun finding nemo

Mendidik anak melalui film kartun Finding Nemo agar belajar anak lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk menceritakan kembali pesan-pesan moral yang dapat diambil dalam film kartun tersebut, agar anak memahami nilai-nilai yang ada.

So, mau tau apa saja yang diajarkan oleh kartun Finding Nemo? Yuk simak 8 pesan positif dari film Finding Nemo yang membuat belajar anak lebih menyenangkan. Mulailah mendidik anak melalui film kartun Finding Nemo dengan menontonnya bersama buah hati anda.

  1. Belajar Bersosialisasi

Dalam masa tumbuh kembang,  anak dilatih untuk bersosialisasi agar mengenal banyak hal di luar lingkungan terdekatnya. Seperti yang dialami Marlin, saat mencoba melindungi Nemo. Mau tak mau, Marlin harus belajar bersosialisasi dengan kehidupan di luar dan mendapatkan banyak pengalaman. Dengan mengeksplorasi lingkungan di luar rumah, anak akan belajar berempati dan berbagi dengan teman.

  1. Tanggung Jawab

Adegan demi adegan dalam film Finding Nemo secara tidak langsung mengajarkan anak untuk belajar bertanggung jawab sejak dini. Kamu bisa menjelaskan hal sederhana, Bu, misal tentang kedisiplinan. Kamu bisa meminta anak agar mau merawat hewan peliharaannya, misal mereka wajib memberi makan pada ikan di akuarium.

  1. Jangan Mudah Putus Asa

Saat Gil akan membebaskan diri ternyata banyak rintangan yang harus dihadapi. Tapi Gil dan ikan lainnya memiliki tekad dan tidak mudah menyerah. Akhirnya Gil dan teman-teman menemukan kebebasan. Saat menonton film Finding Nemo, dampingi anak agar kamu bisa memberitukan tentang nilai positif agar anak tidak mudah menyerah dan mau terus berusaha maksimal untuk mencapai tujuan.

  1. Kekuatan Persahabatan
marlin dan dory
marlin dan dory

Hubungan antara Marlin dan Dory bisa dijadikan contoh bahwa anak belajar untuk menghargai sebuah arti persahabatan. Baik Marlin maupun Dory saling membantu dan tidak berkeinginan untuk membiarkan salah satu dari mereka sendirian saja. Melalui adegan yang dilakukan oleh Marlin dan Dory, ibu bisa menanamkan arti persahabatan kepada anak dan bagaimana anak bersikap baik kepada teman-temannya.

  1. Patuh Kepada Orangtua
nemo dan sang ayah (marlin)
nemo dan sang ayah (marlin)

Film Finding Nemo menceritakan petualangan seekor ikan bernama Nemo yang tidak mau mendengarkan perkataan ayahnya. Ketika ayahnya melarang Nemo untuk tidak main terlalu jauh dan mendekati perahu, Nemo tidak mendengarkan nasihat ayahnya. Akibatnya Nemo pun terbawa jaring nelayan saat itu. Pesan moral yang ingin disampaikan kepada anak adalah agar patuh, mendengarkan perkataan orangtua.

  1. Belajar Team Work
film kartun finding nemo
bekerja sama dengan teman

Memasuki dunia sekolah, anak akan belajar untuk bisa bekerja sama  dalam tim bersama dengan teman-temannya. Ibu bisa mulai mengajarkan dengan mengajak anak menonton film Finding Nemo. Karena banyak adegan dalam film tersebut yang menampilkan bentuk kerjasama dengan berbagai karakter teman yang ada.

  1. Menghargai Perbedaan
mendidik anak melalui film kartun
nemo dan para sahabatnya

Salah satu adegan yang cukup mengharukan adalah ketika Nemo pertama kali bertemu dengan teman barunya, Pearl. Saat itu Pearl malu dengan kondisi tubuhnya yang memiliki tentakel pendek. Namun, Nemo tidak membuat Pearl minder tetapi sebaliknya tetap mau bersahabat dengan Pearl. Ajarkan anak untuk bisa menghargai perbedaan baik fisik maupun materi dengan mengajarkan anak untuk tidak memilih-milih teman bermain.

  1. Kekurangan Jangan Jadi Hambatan

Nemo lahir dengan sirip kecil tapi tidak membuat Nemo putus asa untuk bisa kembali bersama ayahnya. Meski memiliki kekurangan dengan siripnya yang kecil sehingga membuat Nemo tidak bisa berenang cepat, tetapi Nemo tetap berusaha keras. Jadi ibu bisa mengatakan pada anak, bahwa kekurangan fisik tidak menjadi penghalang atau hambatan untuk anak bisa berprestasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s