Artikel

Tips Memilih Buah Durian Yang Baik

Tips memilih durian yang baik- Buah durian dikenal sebagai buah musiman dan merupakan buah favorite untuk semua kalangan masyarakat, buah yang berjuluk “raja buah” ini sulit untuk diketahui bagaimana kualitas daging buahnya karena kulit buah yang sangat keras.  Cara memilih buah durian Berbeda beda untuk setiap orang, hal tersebut dilakukan bisa di dalam kebun maupun di luar kebun atau di setiap penjual yang menawarkan buah durian.  Berikut ini akan diberikan pedoman dalam seleksi atau memilih durian yang lazim digunakan oleh penggemar durian. Berikut adalah tips memilih buah durian yang baik.

Artikel referensi : Durian Merah Yang Menggugah Selera
                                  Mengenal Jenis Durian Unggul

Pertama, untuk menentukan kesegaran buah durian kita dapat melhat dari tangkainya.  Buah durian yang jatuh tangkainya akan mengering, para penjual yang tidak jujur akan mencoba untuk membalut atau mengecet tangkai untuk menghalagi pembeli mengetahui tingkat kesegarannya.  Kedua, kebanyakan peminat durian lebih menyukai buah durian yang kering dan matang, cara mengeceknya dengan mengguncangkan buah dan merasakan getaran kecil.  Ketiga, pembeli harus menghindari buah yang berlubang pada kulitnya.

tips-memilih-buah-durian-yang-baik 1

Tips memilih buah durian yang baik lainnya adalah dengan menggunakan teropong durian yang dapat mengukur tingkat kemanisan buah durian yaitu dengan skala 0-30, semakin tinggi angka yang muncul makan semakin manis.  Prinsip kerja alat ini adalah dengan mengoleskan sedikit daging buah durian ke klep alat ini lalu nanti warna biru sebagai indikator alat ini akan pudar seiring dengan manis yang dimiki buah durian tersebut.

Baca Juga : Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Pembeli juga dapat memilih bentuk buah yang bulat membola jangan yang bulat memanjang, agar daging buah yangtips-memilih-buah-durian-yang-baik 2 diperoleh lebih tebal.  Lalu jangan membeli buah durian yang dibungkus daun aren karena biasanya terdapat cacat pada buah durian tersebut yang sengaja disembunyikan. Memilih buah durian yang beraroma tajam. Lalu mengetes dengan memukulkan pisau ke buah durian apabila berbunyi “bluk….bluk….bluk” maka tandanya sudah matang, dan juka bunyinya “plek…plek…plek” tandanya masih mentah.  Selamat mencoba tips yang telah diberikan, semoga anda dapat menentukan pilihan dengan tepat. Tidak lupa juga anda dapat melihat berbagai macam jenis buah durian disini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s