Artikel · Kesehatan

Ramuan Obat Tradisional Daun Jambu Biji

Jambu biji mengandung berbagai zat gizi yang dapat digunakan sebagai obat. Selain buahnya, akar, kulit, bunga dan daun jambu biji juga sangat bermanfaat mengobati berbagai macam penyakti. Kandungan yang dimiliki pada tanaman jambu biji dapat dibuat ramuan obat tradisional daun jambu biji untuk berbagai penyakit.

ramuan obat tradisional daun jambu biji
daun jambu biji

Buah, daun, dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tanin, sedang pada bunganya tidak banyak mengandung tanin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin, dan vitamin yang bermanfaat untuk ramuan obat tradisional daun jambu biji.

Berikut ini beberapa resep ramuan obat tradisional daun jambu biji untuk berbagai macam penyakit:

  1. Maag

Delapan helai daun jambu biji yang maih segar dicuci. Lalu rebus dengan 1,5 liter air samai mendidih. Kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 3 kali sehari, pagi, siang, dan sore.

  1. Luka

Untuk mengobati luka baru sediakan tiga pucuk daun jambu biji dicuci, dikunyah sampai lumat atau lembut. Tempelkan pada bagian tubuh yang lukaagar tidak mengeluarkan darah terus-menerus. Kandungan astringent-nya dapat menghentikan pendarahan.

  1. Keputihan

Dua genggam daun jambu biji muda dan tujuh helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring. Tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.

ramuan daun jambu biji
rebusan daun jambu biji
  1. Perut kembung pada anak

Tiga helai daun jambu biji, 2 cm kulit batang pulasari, 5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Minum 3 kali sehari. Dosis untuk anak dibawah umur 3 tahun sesendok makan, diatas tiga tahun 2 sendok makan.

  1. Sakit kulit

Ramuan I: segenggam daun jambu biji yang masih muda dan 7 kuntum bunga jambu biji dicuci. Tumbuk/lumatkan bersama-sama sampai halus. Gosokkan pada kulit yang sakit.

Ramuan II: daun jambu biji segar 500 gram dipotong-potong lalu direbu dengan air panas 90 derajat Celcius selama 20 menit. Saring air rebusan lalu gunakan untuk mandi selagi airnya masih hangat. Lakukan secara teratur sampai penyakit kulit hilang.

  1. Beser (Sering buang air kecil)

Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, lalap dengan sedikit garam dan merica. Makan setiap siang dan malam selama 2 hari.

  1. Sariawan

Ramuan I: rebus satu genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring. Minum 2 kali sehari.

Ramuan II: daun jambu biji muda 2 lembar, daun sirih segar 1 lembardaun saga segar satu genggam dicuci sampai bersih. Tumbuk semua bahan sampai halus lalu tambahkan air. Peras adonan itu lalu gunakan airnya untuk kumur-kumur 2-3 kali sehari.

obat tradisional daun jambu biji
daun jambu biji ditumbuk

 

  1. Sakit Perut (diare atau mencret)

Sediakan 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Cara membuatnya dengan direbus dengan 1,5 literair sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

  1. Prolapsisani

Sediakan satu genggam daun jambu biji, 1 potong kilt batang jambu biji. Cara membuatnya dengan direbus bersama 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakannnya, air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.

 

Sumber: Health Secretof Guava

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s