Kesehatan

Mengenal Jenis Durian Unggul

Mengenal jenis durian unggul – Tanaman durian banyak di temukan di daratan Asia. Durian berasal dari bahasa melayu yaitu dari kata duri yang diberi akhiran-an sehingga menjadi durian, yang menggambarkan buah yang memiliki kulit yang berduru tajam. Tanaman durian berasal dari htan Malaysia, Sumatera, dan kalimantan yang berupa tanaman iar. Penyebaran durian ke arah Barat adalah ke Thailand, Birma, India dan Pakistan. Buah durian dikenal di wilayah Asia Tenggara sejak abad ke 7 M. Tanaman durian umumnya dapat tumbuh d dataran rendah sampai ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Namun ketinggian terbaik di capai pada 400-600 m di atas permukaan laut, dengan iklim daerah basah atau daerah tropis, dengan kondisi tanahy yang lembab, subur, gembur, tidak bercadas, dan kedalaman air tanahnya yang tidak lebih dari satu meter.

Terdapat beberapa jenis durian yang dapat dikatakan semakin unggul jenis durian maka akan semakin mahal pula harga buah durin tersebut.  menteri pertanian melepas 13 jenis varietas durian sebagai varietas unggul yang terdiri dari durian bokor (asal Majalengka), durian kani (intoduksi dari Thailand), durian otong (intoduksi dari Thailand), durian perwira (asal Majalengka), durian petruk (asal Jepara), durian si dodol (asal Kalimantan Selatan), durian si hijau (asal Kalimantan Selatan), durian si jepang (asal Kalimantan Selatan), durian si mas (asal Bogor), durian si tokong (asal Pasar Minggu), durian si riwig (asal Majalengka), durian sukun(asal Gempolan), dan durian sunan (asal Boyolali).

mengenal jenis durian unggul

Mengenal jenis durian unggul juga perlu di ketahui dari jenis durian saleja yang memiliki rasa alkihol sedikit. Yang bisa di temukan di Desa Sukajaya, Kecamatan Comas, Kabupaten Bogor.  Memiliki bentuk buah yang bulat panjang dengan ukuran sedang, daging buah berwarna kuning, agak tebal, sedikit berserat dan tidak begitu kering.  Selanjutnya mengenal jenis durian unggul dari Ragunan yaitu jenis sitokong yang memiliki bentuk bulat dan berwarna hijau. Durian mapuk yaitu durian murah dengan kualitas super yang dapat di peroleh dari daerah Mapuk, Pulau Jemaja, Kepulauan Anambas, Riau durian ini memiliki besar lebih kecil dari bola voli, namun daging tebal dan rasanya manis. Terakhir adalah durian khas Jambi yang berasal dari Desa Selat yang terkenal adalah durian Tembago yang memiliki rasa yang legit dan manis. Sekarang tentukan pilihan anda, mau jenis durian yang mana?

Iklan

Satu respons untuk “Mengenal Jenis Durian Unggul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s