Artikel · Kesehatan

Khasiat Jambu Biji Bagi Kesehatan

Jambu biji atau yang lebih dikenal dengan guava merupakan buah yang meiliki berbagai manfaat. Jambu biji merupakan buah yang kaya serat dan vitamin C yang dapat membantu pencernaan mengolah makanan. Selain kesegaran dari jus jambu biji yang dapat melegakan tenggorokan, khasiat jambu biji bagi kesehatan pun sangat banyak. Zat gizi yang dikandungnya pun cukup tinggi.

khasiat jambu biji bagi kesehatan
jambu biji

Berikut akan dipaparkan beberapa khasiat jambu biji sebagai penyembuh yang serba bisa.

  1. Jus jambu biji sebagai peningkat torombosit saat demam berdarah. Akibat serangan virus demam berdarah, jumlah trombosit merosot drastis. Hal tersebut merangsang plasma darah merembes keluar pembuluh. Dalam menangani kasus tersebut maka, seorang penderita demam berdarah harus diberikan cairan pengganti yang hilang. Cara yang banyak ditempuh di rumah, dan konon manjur menolong penderita demam berdarah, adalah dengan meminumkan jus jambu biji sedikit demi sedikit tapi terus-menerus.

    jambu biji 2
    jus jambu biji merah
  1. Jambu biji mencegah wabah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Penyakit SARS merupakan penyakit pernapasan akut yang disebabkan oleh sejenis virus influenza biasa. Namun, virus ini dapat ditangkal dengan istirahat dan olahraga serta mengkonsumsi jambu biji. Buah ini dipercaya manjur meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Dalam 100 gram jambu biji terkandung 95 mg vitamin C. kandungan vitamin C yang tinggi inilah, kekebalan tubuh dalam melawan bakteri akan meningkat.
  1. Jambu biji turunkan kadar gula, kolesterol, tekanan darah, dan anti kanker serta untuk penyembuhan diabetes dan flu. Jambu biji merah kaya akan serat, terutama pektin, serat larut, juga kalium, mineral yang mengatur denyut jantung, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, dan mengatur tekanan darah. Jambu biji merrah juga kaya likopen, karotenoid yang bersifat antioksidan. Sedangkan jambu biji juga mengandung vitamin C dan tanin, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol dan antikanker. Jambu biji mengandung lebih banyak likopen, antioksidan pencegah kanker dibanding buah dan sayuran apa pun dan hampir 20% lebih dari tomat. Selain itu jambu juga mengandung protein sebanyak 2,55 gram.

Khasiat jambu biji bagi kesehatan lainnya adalah seperti mencegah penyakit jantung dan stroke, mencegah kanker prostat dan kanker payudara, membuat kulit menjadi awet muda, senyawa karotenoid yang terkandung dalam jambu biji dapat mencegah penyakit degeneratif dan masih banyak lagi.

Penjelasan diatas hanya mewaikili beberapa khasiat jambu biji bagi kesehatan, diluar itu masih banyak khasiat lainnya yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi jambu biji. Jadi, ketahuilah manfaatnya dan konsumsi buahnya.

Sumber: Health Secret of Guava

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s