Artikel

Durian Merah Yang Menggugah Selera

Durian merah yang menggugah selera – Durian merah memang kurang lazim bagi sebagian besar masyarakat indonesia. Mungkin bagi yang belum pernah melihat akan meraa aneh. Padahal, durian merah merupakan plasma nuftah Pulau Kalimantan.  Spesies durian merah tersebut adalah Durio graveolens (biasa disebut durian anggang atai lai merah) dan Durio dulcis (lahong).  Durian merah merupakan durian eksotik karena buahnya berwarn merah darah.  Durian jenis ini tidak memabukkan dan kandungan alkoholnya relatif rendah.  Nama lain durian ini adalah ambetan atau kedu. Ada juga yang berwarna jingga.  Durian merah banyak terdapat di Kabupaten Kutai, Kalimantan.

Durian merah yang menggugah selera

Durian Anggang merupakan salah satu jenis durian merah yang menggugah selera.  Daging buah berwarna merah atau jingga tua, dengan kulit berwarna kuning menyala sampai jungga tua jika matang di pohon, kilit durian akan terbelah dengan sendirinya.  Banyak dijumpai di daerah Kalimantan dan sebagian kecil di daerah Sumatera Utara.

Duriang Lahong memiliki warna merah dan merah tua pada bagian kulit buah, sebagian lagi berwarna merah kecoklatan.  Warna daging buah terlihat krem huingga kuning.  Kalaupun masak di pohon, kulit buah tidak terbelah meski buah telah jatuh dari pohon. Tinggi pohon bisa mencapai 40 meter, berbeda dengan lai merah lahong justru memiliki rasa yang manis, bahkan termanis di seluruh dunia tetapi aroma nya terlalu kuat dan dapat menyebabkan pusing serta mual.

durian merah yang menggugah selera 2

Jenis durian merah yang menggugah selera selanjutnya adalah Tarian yang merupakan hasil persilangan antar spesies yaitu Durio graveolens dan Durio zibethinus.  Jenis selanjutnya adalah Dubang, yang berasal dari Daerah Banyuwangi yang unik dan cukup mencuri perhatian.  Durian merah Banyuwangi ini tidak sama dengan durian merah di Kalimantan, yaitu citarasa yang unik.  Terakhir adalah Durian Hutan Savag yang berasa dari Negara bagian Sabah, Malaysia yang memiliki daging buah berwarna merah.  Jenis ini memiliki nama lokal atau nama lain “durian hutan’ , “sakung” atau “tabelak”.

Setelah anda mengetahui berbagai jenis durian merah, apakah anda masih ragu mencoba durian merah? Ayo segera dicoba supaya tidak penasaran. Konsumsi buah durian baik untuk kesehatan dan bisa di baca disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s