Anak · Artikel

Permainan anak anak yang seru

Permainan anak  anak – Kita paham sekali bahwa dunia anak – anak adalah dunia penuh imajinasi, selalu ingin bermain tanpa ada yang menghalangi. Disinilah peran kita sebagai orang tua untuk mengawasi mereka, agar terkesan tidak menghakimi lebih baik kita ikut main dengan mereka. Untuk mulai bermain dengan mereka kita harus mampu masuk kedalam sudut pandang mereka sehingga kita tau apa yang mereka inginkan.

Beberapa waktu yang lalu penulis sempat bertemu dengan seseorang anak yang baru berumur 4 tahun. Dia termasuk kedalam kategori seorang anak yang aktif, lari kesana dan kesini, tidak bisa diam bahkan sang ibu kewalahan ketika ingin menyuapi nya makanan. Mungkin sang ibu sudah ditahap frustasi kali ya, dia menawarkan kepada anak nya untuk memainkan gadget milik ibunya untuk dimainkan karena didalamnya banyak permainan anak-anak yang praktis dan akhir nya sang anak diam, duduk, anteng memainkan smartphone milik ibunya.

Terkadang smartphone memang bagus karena segala nya bersifat praktis didalamnya, akan tetapi ketika sang anak diberi kekuasaan untuk bermain smartphone maka dia akan diam di tempat, fokus ke smartphone nya tanpa ingin lagi bermain di luar. Permainan anak-anak diluar rumah itu bagus loh, mereka bisa belajar bersosial, memahami teman ketika ada konflik dan belajar bekerja sama. berikut ini permainan anak-anak yang seru untuk di lakukan ;

  • Petak Umpet

Permainan anak anak  ini membutuhkan minimal 3 orang dengan 1 orang yang menjaga pos pertahanan sembari menghitung 1 sampai 10. saat penjaga pos sedang menghitung, peserta yang lain harus bersembunyi, penjaga pos harus menemukan teman nya yang bersembunyi sebelum sang teman itu menyentuh pos jaga yang akan membuat game diulang. Seru ? pasti !

  • Kasti

Penulis sangat ingat permainan ini karena saat itu penulis berumur sekitar 6 tahun. bersama 5 orang teman kami bermain bola kasti, saat mulai permainan datanglah Bapak saya dan ingin ikut permainan. Saat dewasa seperti ini penulis baru menyadari bahwa ketika orang tua ikut bermain dengan anaknya maka psikologis sang anak akan merasa senang dan dihargai. lagi pula game ini memberikan pelajaran kerjasama, olahraga, pengambilan keputusan pada diri sang anak.

  • Tebak Kata

Tau kan permainan yang booming di salah satu stasiun televisi indonesia, dimana ada dua peserta yang bermain. di kepala mereka terdapat tulisan yang harus mereka tebak sendiri dengan bantuan lawan mainnya dan apabila tebakan itu benar maka akan digilir siapa yang menebak dan siapa yang membantu. sangat seru loh bila dilakukan bersama anak kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s