Anak · Artikel

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan 5 Cara

Cara mengajari anak membaca – Sebagai orang tua, tentu anak cepat bisa membaca merupakan hal yang sangat di inginkan. Namun terkadang ada beberapa kendala yang sulit sekali membuat anak untuk bisa membaca. Dalam hati kita pasti bertanya-tanya kan? bagaimana cara agar anaknya bisa cepat membaca.  Saat di rumah orang tua harus mengajari anak membaca agar meteri yang disampaikan disekolah dapat terserap dengan baik, beberapa hal berikut adalah cara mengajari anak membaca yang harus bisa kita terapkan terapkan dirumah, agar anak pandai membaca.

  • Membaca sambil bernyanyi

Cara mengajari anak membaca dengan bernyanyi adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan dan pastinya orang tua sering melakukan hal ini. Yap, biasanya orang tua mengajari anak membaca sambil bernyanyi A sampai Z, Cara ini lebih efektif karena anak kita akan lebih mudah untuk menghafalkannya.

  • Dengan bantuan barang elektronik

Banyaknya video pembelajaran tentang belajar angka dan huruf yang dijual di pasaran dan membantu orang tua dalam mengajar. Zaman lebih modern otomatis lebih mudah pula kita mengakses video pembelajaran contohnya via Youtube. Selain itu permainan-permainan tentang belajar membaca juga bisa di donwload dari gadget anda, dengan metode ini anak akan merasa senang belajar membaca karena tidak monoton.

  • Menggunakan karpet huruf

Karpet yang biasanya kita gunakan sebagai alas bermain anak-anak, sebenarnya juga bisa digunakan untuk media belajar membaca. Belilah karpet dengan gambar huruf dan angka, warna yang menarik serta gambar yang menarik pula. Cara ini akan membuat anak mudah memhami huruf dan angka karena mereka belajar sambil bermain.

  • Membaca sambil bercerita

Cara mengajari anak membaca dengan bercerita dapat dilakukan menggunakan buku cerita bergambar. Yang harus diperhatikan adalah anak bukan hanya mampu melafalkan apa yang tertulis di dalam buku tetapi juga merasakan cerita dari karakter yang terdapat di dalam buku tersebut.

  • Berikan Pujian

Saat anak mampu menyelesaikan tugas membacanya dengan baik, berikan ia pujian dari kata-kata. Hal ini akan mendorong anak untuk terus semangat membaca, karena senang dipuji. Sesekali berikan pujian dalam bentuk barang tidak apa apa asal tidak terlalu sering dan saat mereka salah dalam membaca anda harus sabar mengarahkan dan membetulkan bacaan mereka.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s