Artikel

Tempat Kunjungan Edukatif: SENTULFRESH

Tempat kunjungan edukatif yang bisa memenuhi hasrat anak-anak untuk menikmati alam alam sekaligus belajar memang agak sedikit di jabodetabek ini.  Disebut tempat kunjungan edukatif karena memang tempat yang harus dikunjungi siswa sekolah tersebut bisa memberikan manfaat edukasi / pembelajaran bagi siswa, terutama bagi sekolah yang menerapkan program belajar 50% di kelas (indoor activity) dan 50% di luar (outdoor activity).

Sekolah yang berkunjung ke Sentulfresh Edufarm Program adalah kebanyakan sekolah alam, sekolah swasta, sekolah internasional, sekolah internasional plus.  Mereka yang  berberkunjung tersebut melihat Sentulfresh sebagai tempat kunjungan edukatif yang layak bagi siswa siswi mereka karena di sini ada 3 tema besar.

Tiga tema yang ada di Sentulfresh Edufarm Program adalah :

  1. 1. Tema Bioteknologi :  Praktek pembuatan yoghurt berbahan dasar susu murni dan starter Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus.
  2. 2.  Tema Tanaman ;  Tanaman yang bisa di observasi di Sentulfresh adalah tanaman obat, tanaman hias dan tanaman buah.
  3. 3.  Tema Binatang / Hewan ; Hewan yang ada di Sentulfresh adalah Sapi Perah, Sapi Potong, Kelinci, Cacing Lumbricuss rubellus, Ikan lele sangkuriang, ikan bawal, ikan patin, ikan Nila, Burung, rusa totol macan, dan ayam kate.

Layak atau tidaknya suatu tempat kunjungan edukatif tentunya bergantung dari sudut pandang guru / observer yang di tugaskan untuk melihat/survei tempat kunjungan edukatif tersebut.

Beberapa hal penting yang layak diperhitungkan bagi para guru/observer tempat kunjungan edukatif adalah:

  1.  1.  Tempat tersebut aman.  Aman disini bisa berarti aman dari gangguan orang luar atau pengunjung luar yang hilir mudik masuk ke tempat kunjungan edukatif tersebut.  Aman juga bisa berarti selama di tempat tersebut, siswa siswi tidak khawatir luka atau lecet dikarenakan tempat yang terjal, atau dengan topografi yang tajam yang tidak cocok untuk siswa umur di bawah TK
  2. 2.  Mudah diakses dan bebas macet.  Seringkali ketidaknyamanan berkunjung disebabkan karena kemacetan jalan raya menuju tempat kunjungan edukatif tersebut.  Mudah diakses artinya google friendly, via google maps atau waze.  Sudah tidak jamannya lagi jika tempat kunjungan edukatif tidak memanfaatkan google sebagai salah satu search engine favorit bagi gadget.
  3. 3.  Cocok dengan tema yang diminta.  Kunjungan edukatif biasanya per tema : tema tanaman, tema binatang, tema profesi, tema kuliner/makanan, dan tema lainnya.

Pilihan yang ditawarkan saat ini adalah Sentulfresh Edufarm Program sebagai tempat yang tepat bagi sekolah untuk memberikan pelajaran outdoor activity bagi siswa siswi nya sehingga bisa efektif mendapatkan pembelajaran.

 

Tempat kunjungan edukatif Cover
Menangkap Burung Dara

 

tempat kunjungan edukatif, observasi taman

 

Tempat Kunjungan Edukatif memberi makan ikan
Melihat-lihat Koleksi ikan di Sentulfresh
tempat kunjungan edukatif Memberi makan ikan patin
Feeding the Fish
Tempat kunjungan edukatif Memerah susu
Memerah susu sapi langsung di peternakan

tempat kunjungan edukatif observasi taman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s