Anak

Cara Menumbuhkan Kreativitas Anak sehingga Tumbuh Mandiri

cara menumbuhkan kreativitas anak sehingga mandiriAda banyak cara menumbuhkan kreativitas anak sehingga anak bisa tumbuh mandiri selaras dengan umurnya.  Kreativitas tidak tumbuh dengan sendirinya, orang tua  harus menyediakan suasana yang menunjang bagi tumbuhnya kreativitas anak.

Di era globalisasi ini dimana segala pertanyaan bisa di jawab dengan baik oleh google dan yahoo, kreativitas bisa didapat dengan browsing internet.  Tentu saja, anak yang tumbuh dengan internet tetap saja memerlukan pengawasan yang intensif dari orang tua.

Kreativitas adalah sebuah bagian penting dalam proses pendidikan anak. Kualitas pendidikan tak diukur dari seberapa banyak materi yang dihafal anak dan kemampuannya mengerjakan soal, tetapi melalui kualitas-kualitas yang lebih substansi seperti kemampuan mengambil keputusan, kreativitas anak, ketrampilan berkarya, moralitas, dan lainnya.

Beberapa tips agar orang tua tahu cara menumbuhkan kreativitas anak adalah sebagai berikut:

  1. Berkreasi setiap hari.  Untuk menunjukkan kepedulian Anda pada sang buah hati dalam berkreasi, marilah Anda ajarkan buah hati Anda untuk membuat sesuatu yang kreatif. Misalnya dengan menggambar, melipat kertas, bermain game (porsi yang semestinya), bermain permainan-permaian edukatif, bernyanyi, bercerita, dan masih banyak lagi. Usahakanlah untuk bisa menemukan sesuatu yang baru dan berbeda dari apa yang pernah dilakukan oleh sang buah hati, sehingga anak tidak merasa bosan dan terpacu untuk lebih berpikiran kreatif.
  2. Berikan anak mempunyai perasaan aman.  Untuk menjadi kreatif secara emosional anak-anak harus memperoleh perasaan aman. Orang tua harus sensitive dan memenuhi kebutuhan anak, sehingga anak dapat mengembangkan rasa percaya diri dan akan memacu keinginan anak untuk berpetualang dan mencari hal-hal baru.
  3. Memiliki tokoh yang bisa diteladani dan di idolakan.  Dengan memperkenalkan banyak tokoh duniacara menumbuhkan kreativitas anak melalui mainan yang telah sukses, anak-anak menjadi tahu berbagai macam kepribadian dan prestasi dari orang lain. Hal ini sangat penting. Kenapa? Karena anak-anak suka sekali meniru orang lain. Tokoh-tokoh ini bisa seorang pahlawan, penemu, rohaniwan, dan tokoh-tokoh lain yang bisa menjadi teladan buat sang buah hati. Jangan sampai buah hati Anda hanya mengidolakan tokoh-tokoh kartun atau film (seperti Tom and Jerry, Superman, Batman, dll). Hal ini memang tidak dilarang, namun akan lebih baik bila tokoh-tokoh tersebut adalah seseorang yang nyata sehingga bisa menumbuhkan motivasi anak untuk meniru hal-hal yang baik di dalam diri tokoh tersbut, lalu diteladani dalam kehidupan yang nyata.
  4. Apresiasi inisiatif dan kerja keras anak. Ketika anak melakukan sebuah inisiatif, kendatipun belum sempurna, berikan dorongan dan pujian untuk inisiatifnya. Juga berikan pujian untuk kerja keras yang dilakukannya. Ini penting dan harus dilakukan dengan tulus. Usai memberikan apresiasi yang tulus, barulah Anda memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas karya mereka. Dengan dorongan dan apresiasi, anak merasa nyaman untuk berinisiatif, mencoba, dan berkarya.
  5. Perbesar toleransi pada kesalahan dan ketidaksempurnaan.  Cara menumbuhkan kreativitas anak lainnya adalah adanya toleransi.  Kreativitas berarti kesempatan banyak mencoba. Banyak mencoba memberikan peluang untuk melakukan kesalahan dan pemborosan. Jika menginginkan terpeliharanya kreativitas anak, toleransi saat anak melakukan kesalahan dan ketidaksempurnaan perlu diperluas karena nilai-nilai kreativitas adalah orisinalitas dan keunikan, bukan efisiensi.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s