Artikel · Kesehatan

7 Cara menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

Siapa yang bisa tahan jika sudah terserang sakit gigi.  Sampai ada pepatah yang mengatakan : Lebih baik sakit hari daripada sakit gigi.  Adakah cara menghilangkan sakit gigi yang efektif yang menggunakan bahan alami?

cara menghilangkan sakit gigi dengan berkumurAlam sudah menyediakan semua yang dibutuhkan manusia.  Mulai dari sandang, pangan, papan, juga obat-obatan.  Saat ini trend pengobatan alami marak di Indonesia.  Dalam pencaharian google pun terlihat bahwa netizen sudah mulai gandrung kepada bahan-bahan alami ketimbang obat kimiawi.

Hampir semua sakit gigi dibarengi dengan gusi yang membengkak. Gusi yang ikut membengkak biasanya terasa amat sakit. Di dalam gusi yang bengkak terkandung nanah yang terkadang berbau busuk.  Cara menghilangkan sakit gigi secara alami adalah sebagai berikut:

  1.  Gosoklah gigi secara teratur.  Pasta gigi yang beredar di pasaran saat ini sudah sangat baik dan sudah menggunakan bahan-bahan yang bisa mengurangi kuman-kuman yang ada di rongga mulut.  Gosoklah gigi anda secara teratur pagi dan sore.  Yang paling baik adalah menggosok gigi tatkala anda selesai makan.
  2. Jangan makan makanan yang mengandung coklat berlebihan.  Coklat biasanya disenangi oleh anak-anak.  Seringkali kita sulit untuk mengendalikan perilaku anak untuk tidak mengkonsumsi coklat.  Apalagi saat ini coklat yang beredar di pasaran terdiri dari banyak macam.  Jika anak anda makan coklat, usahakan sesegera mungkin sikat gigi.  Atau paling tidak berkumur-kumur dahulu dan jika sudah sampai rumah, barulah sikat gigi.
  3. Mengkonsumsi bawang Putih.  Ini adalah cara menghilangkan sakit gigi alami yang murah.  Bawang putih sudah dipercaya sejak dahulu dapat mengatasi gigi sakit dan gusi yang bengkak. Bawang putih mengandung zat antiseptic alami yang efektik membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan gusi bengkak. Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih dapat dilakukan dengan mengupas kulit 1 siung bawang putih. Haluskan bawang putih yang sudah terlebih dahulu dicuci bersih. Jika bawang sudah benar-benar halus, baru lah Anda masukkan pada gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak.
  4. Gunakan jeruk Nipis.  Jeruk nipis juga ampuh untuk mengatasi sakit gigi yang disertai gusi bengkak. Maka dari itu jeruk nipis juga sangat ampuh sebagai obat sakit gigi alami. Ini adalah cara menghilangkan sakit gigi alami yang murah juga.  Caranya juga mudah, anda hanya perlu siapkan sebuah jeruk nipis untuk diperas pada sebuah tempat. Kemudian ambil air perasan tersebut, tambahkan air hangat dan campurkan hingga merata. Berkumurlah dengan menggunakan air hangat yang dicampur perasan jeruk nipis. Jangan sampai air tertelan karena mengandung banyak bakteri. Lakukan cara ini secara teratur pada pagi dan malam hari menjelang tidur.
  5. Minyak cengkeh. Pada sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry th. 2006, disebutkan bahwa minyak cengkeh mampu mengurangi rasa sakit pada gigi yang bermasalah. Caranya juga sangat mudah, cukup teteskan minyak cengkeh pada kapas bersih, lalu oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit.
  6. Getah jarak. Selama ini mungkin anda sudah pernah tau, atau setidaknya pernah melihat berita mengenai minyak buah jarak yang bisa digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang berkualitas. Cara menghilangkan sakit gigi yang murah adalah menggunakan getah tanaman jarak, khususnya berkhasiat pada gigi yang berlubang. Caranya, teteskan getah jarak pada kapas bersih, lalu tempelkan pada gigi berlubang tersebut. Biarkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat.
  7. Kumur menggunakan air garam.  Air garam juga dapat mengatasi sakit pada gigi yang disertai dengan cara mengobati sakit gigi berlubang yang parahpembengkakan pada gusi. Bahan yang harus disiapkan hanya lah garam dapur dan air putih hangat. Campurkan 1gelas air hangat dengan 1 sendok makan garam dapur. Cara mengobati sakit gigi dengan air garam yaitu menggunakan air garam untuk berkumur. Lakukan lah ketika pada malam hari menjelang tidur. Tentu rasa sakit Anda akan berangsur-angsur menghilang jika dilakukan sesering mungkin.

Selain 7 cara menghilangkan sakit gigi diatas, yang perlu diperhatikan juga adalah dengan mengubah pola hidup kita. Salah satunya dengan rajin menyikat gigi pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Mungkin pada pagi hari, Anda dapat melakukannya dengan rutin. Namun untuk malam hari sangat sulit untuk dilakukan, padahal sisa makanan yang menempel pada gigi Anda jika dibiarkan terus menerus akan merusak gigi. Selain itu berkumur dengan menggunakan cairan pencuci mulut juga perlu untuk dilakukan.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s