Anak · Artikel

Anak anda sakit mata ? Obati dengan Kembang Telang

wisataedukasi.net Kembang atau bunga telang (Clitorea Ternatea) merupakan tanaman bunga yang biasa hidup di pekarangan atau ditepi hutan. Tanaman ini tumbuh merambat di suatu benda biasa berupa kayu yang di tancapkan atau bambu, tumbuh di tempat yang lembab dan banyak sinar matahari, mempunyai bunga yang bewarna biru cerah dan tanaman ini berasal dari asia. Orang-orang di benua asia sudah mengenal dan menanam tanaman ini di pekarangan rumah mereka, ada yang menjadikan tanaman ini sebagai pewarna makanan, minuman, obat kecantikan dan ada juga yang menjadikan tanaman ini sebagai Obat sakit mata.

obat sakit mata gatal anak

Problematika yang sering di temukan dunia anak adalah sakit mata, anak-anak terkenal suka bermain dan ketika mereka bermain mereka akan lupa waktu dan kesehatan. bermain di tepi jalan, tempat berdebu, tempat berpasir yang berpotensi membuat mata anak kita sakit, gatal dan merah.

obat sakit mata anak bermain
Anak siapa ini ???

Tahukah kamu bahwa daun kembang telang mengandung alkaloid dan triterpinoid. Alkaloid dalam tanaman ini adalah sebuah golongan senyawa basa ber nitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat pada tetumbuhan. Alkaloid dihasilkan oleh banyak organisme, mulai dari bakteria, jamur, tumbuhan juga hewan. Ekstraksi secara kasar biasanya dengan mudah dapat dilakukan melalui teknik ekstraksi asam basa. Rasa pahit atau getir yang dirasakan lidah dapat disebabkan oleh alkaloid. Sekarang alkaloid dikenal sekitar 1000 senyawa dalam satu golongan dengan struktur yang sangat beragam, dan hingga sekarang tidak ada batasan yang jelas untuknya ( sumber ).

obat sakit mata kembang teleng untuk anak kita
ini dia bunga nyaaa

Cara menggunakan kembang telang untuk mengobati sakit mata, mata perih, mata kotor sangatlah mudah. Prinsip kerja nya sama seperti obat tetes mata, bahan yang diperlukan adalah ; Wadah air, panci, air bersih dan bunga kembang teleng, lalu bagaimana cara penggunaannya ?

  1. Ambil air secukupnya dan masukkan kedalam panci kemudian panaskan hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, diamkan air tersebut sampai hangat dan tidak terlalu panas.
  3. Masukkan air hangat kedalam wadah air.
  4. Ambil bunga kembang telang lalu pegang bagian dasar bunga dan celupkan bagian kelopak bunga ke dalam wadah air hangat selama 2 detik.
  5. Bunga yang sudah di celupkan kita angkat kemudian kita arahkan tepat di atas mata kita, biarkan air hangat yang ada di dalam bunga tersebut menetes jatuh kedalam mata kita.
  6. Cukup 2 sampai 3 tetes untuk menjadikan tanaman ini obat sakit mata.

 

Selamat Mencoba 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s