Anak

Cara mendidik anak usia 3 tahun dengan mudah

Cara mendidik anak usia 3 tahun sudah pernah dikemukakan didalam buku THE ABSORBENT MIND karangan Maria Montessori pasal 3 halaman 21 disebutkan ”  Masa yang paling penting dari kehidupan bukanlah usia studi di universitas, tapi yang pertama, periode dari lahir sampai usia enam. Karena itu adalah waktu ketika kecerdasan manusia itu sedang terbentuk. Tapi tidak hanya kecerdasannya ;  kekuatan psikis secara totalitas juga sedang terbentuk”. Cara mendidik anak usia 3 tahun sangat berbeda karena disini mereka sedang tumbuh-tumbuhnya menjadi seseorang manusia.

cara mendidik anak usia 3 tahun nakal
Kita sama sama pernah mengalami hal ini 😀

Terkadang kita sebagai orang tua agak sedikit kesal, geram, gemes bahkan ada yang sampai memarahi anak kita melihat kelakuannya hal itu dikarenakan bahwa pada usia 3 tahun ini anak-anak tidak mempan dengan hanya dengan kata-kata, mereka cenderung ingin melakukan segala hal tanpa dilarang dan untuk melarang nya juga ada cara nya tersendiri. Sebelum kita berani untuk melarang anak usia 3 tahun, ada baiknya kita mengenal pola pikir mereka, sudut pandang mereka, dunianya mereka yang terangkum dalam cara mendidik anak usia 3 tahun berikut :

Lakukan kegiatan diluar rumah

Anak yang berusia 3 tahun sudah mulai bisa memahai percakapan kita dan teman-temannya juga, mereka harus mengenal lingkungan luar rumah mereka, siapa teman-temannya, siapa saja tetangga nya. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk daya sosial mereka agar mereka bisa berinteraksi, sering melakukan interaksi sosial akan membantu perkembangan anak sehingga di masa depan anak kita mampu menjadi sosok manusia yang asik, mudah bergaul, peduli lingkungan dan mandiri. anak yang berusia 3 tahun akan menjadi sosok yang pemalu, tidak bisa bergaul, tidak peduli lingkungan karena hanya diam dirumah entah itu bermain game atau smartphone. ini merupakan kesalahan orang tua, bermaksud agar anak nya tidak sering bermain maka di berikan lah smartphone dan ini akan merusak cara mendidik anak usia 3 tahun.

Berikan pemahaman atas apa yang mereka temui

Anak usia 3 tahun sangat suka meniru apapun yang mereka lihat dan mereka dengar terlepas dari apakah yang mereka tiru itu benar atau salah mereka akan tetap meniru. Tugas kita sebagai orang tua adalah mengenalkan hal-hal yang baik terhadap mereka karena hal tersebut akan berdampak pada masa depan, pada tahap umur 3 tahun ini cara mengenalkan hal baik kepada mereka cukup gampang tapi sulit, cukup memberikan contoh kepada mereka untuk berbuat baik seperti memberikan contoh beribadah maka mereka akan meniru, ketika kita makan dengan tangan kiri ya mereka akan meniru juga.

Ajak anak kita jalan-jalan

Cara mendidik anak usia 3 tahun yang selanjutnya adalah dengan cara mengajak mereka jalan-jalan ke tempat wisata edukasi anak seperti Sentulfresh Education Farm, Kebun binatang, taman yang penuh bunga dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut akan meningkatkan rasa tertarik dan keingin tahuan mereka, tugas kita adalah menjawab seluruh pertanyaan mereka yang lugu juga lucu. Apabila anda berkunjung ke sentulfresh maka anak anda akan di ajak keliling peternakan oleh tour guide yang akan menjelaskan dan menjawab semua pertanyaan mereka tentang hewan dan tanaman. Ketahuilah bahwa anak usia 3 tahun adalah usia efektif bagi anak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang baik, apapun yang mereka alami di umur tersebut akan terkenang hingga dewasa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s